Cari Blog Ini

Minggu, 25 Desember 2011

Natalan bareng anak-anak Yayasan Atmabrata, Cilincing

Jumat tgl 23 desember kemarin, PD kantor ngadain acara natalan bareng anak-anak Yayasan Atmabrata di Cilincing. Sebenernya pengennya sih murni acara PD, cuma karena kita butuh tambahan dana, jadinya ini masuk acara CSR kantor. Jadi deh acaranya diikutin ama ibu-ibu penjabat yg tidak berkepentingan, tapi biar aja deh biar ngerasain panasnya cilincing hehehe..

Kita bawa bingkisan buat anak-anak yg ikut ibadah natal, berupa tas sekolah, buku, alat tulis dan snack. Buat yayasan kita kasih uang tunai, white board, meja lipat buat di kelas, kipas angin, rice cooker, blender, sembako, dll. Lumayan deh buat bantu-bantu Bruder Petrus.

Jadi yayasan Atmabrata ini (aka Yayasan Lumba-lumba) adalah yayasan yg dikelola oleh Bruder Petrus untuk membantu pendidikan anak-anak nelayan di daerah cilincing. Setidaknya ada 3 sekolah yang sudah dibangun, yaitu sekolah empang, sekolah bambu dan taman bacaan. Kondisi sekolahnya memprihatinkan, bentuknya cuma sekotak gitu, tanpa meja dan kursi. Jadi anak-anaknya harus duduk di lantai dan jadinya untuk nulis musti membungkuk gitu. Sekolah bambu dindingnya dari bambu, kalo sekolah empang memang didirikan di atas empang. Anak-anak yg sekolah disini cuma dipungut biaya Rp 5000 / bulan, kalo tidak mampu tidak apa-apa kalo tidak bayar. Pengajarnya dari sukarelawan yg dibayar sangat minim. Mereka diajar baca tulis, berhitung, sopan santun, tapi tidak diajarkan agama tertentu (muridnya campuran antara muslim dan non muslim).

Selain itu ada juga klinik kesehatan untuk pengobatan masyarakat sekitar. Dan juga seminggu 2x yayasan ini masakin makanan yg dikirim ke lansia yg tinggal di sekitar sana. Mereka juga buat tas dari limbah plastik bekas seperti pembersih lantai, minyak goreng, pewangi, dll yg dijual seharga 15000 - 20000. Mereka coba mandiri, tidak melulu ngarepin sumbangan. Kata bruder, mereka sedang mau beli pabrik kompos buat ngebiayain sekolah dan klinik tersebut. Hebat yah si bruder, pikirannya maju. Jadi IMO tempat ini pas bgt kalo mo nyumbang, krn memang memprihatinkan (mungkin karna agak sulit dijangkau) dan tujuannya tuh sosial bgt.

Acara natalannya sendiri sukses, anak2 happy, nyanyi lagu2 natal, jawab quiz seputar alkitab.. yg bisa jawab bener, kita kasih hadiah.. anak2 ini pinter loh, mereka hapal lagu2nya dan bisa jawab pertanyaan2 yg dikasih.. pas mo nerima hadiah juga mereka mau baris rapi.. two thumbs up deh..

Setelah makan siang bareng, kita balik kantor lagi deh.. dan kena macet lagi di tol.. hoamm :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar