Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 25 Desember 2011

Spasmofilia, penyakit kurang kalsium?

Berawal di tahun 2010, gue suka mengalami rasa sakit yg nyeri bgt seperti kram / kejang di pinggang / perut sebelah kanan bawah. Sakitnya biasanya berlangsung sekitar 1-3 hari kemudian hilang sendiri. Kejadiannya bisa sebulan sekali, bisa beberapa bulan sekali (tidak tentu). Pernah sedang tidur nyenyak pun bisa kebangun saking sakitnya. Terakhir sakitnya sampe ke paha kanan, sakit banget.

Awalnya gue kira ini gara2 exercise berlebihan, kebetulan waktu itu baru ikut yoga di health club deket kantor. Kemudian karena curiga ada masalah di abdomen, pergilah ke siloam buat usg abdomen, hasilnya ga ada masalah berarti. Sempet berobat ke obgyn karena dikira ini penyakit mittelschmerz (penyakit ovulasi) karena kejadiannya suka di tengah2 bulan, tapi dicek lagi polanya bukan. Trus ke internist dr Gan di Siloam Kebon Jeruk, disuruh endoscopy ama colonoscopy. Sempet ngeri ngebayangin dimasukin selang dari mulut dan anus, tapi berhubung kalo lagi kambuh sakitnya banget, akhirnya mau juga deh asal dibius. Jadi deh minum cairan penguras isi perut yang rasanya kayak pembersih lantai itu sampai muntah-muntah.

Hasil endoscopy dan colonoscopy cuma nunjukin kalo gue menderita gastritis kronis (asam lambung berlebih), tapi tetep gak ngejawab penyebab si sakit nyeri itu. Dr Gan bilang ga apa-apa cuma dikasih obat penenang dan penahan sakit, katanya kemungkinan cuma ibs (irritable bowel syndrome) -> penyakit di bagian perut (bowel) yg byk diderita wanita dan belum diketahui penyebab dan obatnya, jadi penderitanya cuma minumin paint killer terus. Dr Gan pesen kalo mau periksa darah ke lab dan cek EMG.

Tadinya cukup puas dengan hasil diagnostik yg tidak ada indikasi penyakit apa2 itu, dan sempet travelling. Waktu di UK, sempet ngerasain sakit nyeri sebentar tapi masih bisa diatasi dengan paint killer. Pulang dari europe, mulai sakit lagi sampai susah jalan karena nyerinya sampe ke paha. Sudah ditempelin koyo super pedes juga ga nolong. Minum paint killer juga udah ga mempan, Duh dah ngak bisa ngantor akhirnya balik lagi ke Siloam ke bagian EMG (electromyograph) buat periksa saraf (inget pesen dr Gan kayaknya ini langkah terakhir yg kudu dicoba).

Yg ngelakuin EMG dokter saraf, namanya dr Stev, Dia nempelin alat di tangan trus kita kayak dikejutkan nanti dicek reaksinya di monitor. Akhirnya ketahuan kalo gue menderita spasmofilia +3. Menurut dr Stev +3 berarti sudah cukup parah, dan spasmofilia inilah kemungkinan besar yg menyebabkan sakit nyeri tersebut.

Oleh dr Stev dikasih suplemen kalsium, obat paint killer dan obat penenang. Sama dipesen jangan olahraga lari dan sepeda karena bisa bikin tambah parah. Alhasil sekarang gue jadi rajin konsumsi suplemen kalsium itu sehari 1 tablet, dan thanks God sampai saat ini (sudah setengah tahunan) sakitnya ngak kambuh2 lagi. Akhirnya setelah bolak balik dokter dan tes ini itu dapet juga penyakitnya, thx buat dr Gan dan dr Stev di Siloam Kebon Jeruk.

Ternyata kekurangan kalsium bisa berakibat parah yah, Jadi kalo gue baca-baca spasmofilia itu keadaan tubuh yg penyerapan kalsiumnya kurang dibanding dengan orang normal. Jadi kalo orang normal makan kalsium 100 mg keserap 100 mg, kalo penderita spasmofilia paling separuhnya. Kekurangan kalsium ini yg bikin jadi kejang otot (kram). Jadi sekarang kemana-mana gue musti bawa sebotol tablet kalsium buat jaga2...

1 komentar:

  1. Gan mohon kontaknya donk.
    Temen ane ada sakit sama persis sama kek agan. Cek darah dsb dokter bingung.
    Mo nanya2 suplemen kalsiumnya apa kalau bersedia. Terima kasih

    BalasHapus